BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS ?

Senin, 09 November 2009

Grafiti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

(Dialihkan dari Graffiti)
Langsung ke: navigasi, cari
Grafiti paling sederhana di dinding kereta

Grafiti (juga dieja graffity atau graffiti) adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Sejarah

Grafiti di Pompeii. Grafiti ini mengandung tulisan rakyat yang menggunakan bahasa Latin Rakyat dan bukan bahasa Latin Klasik.

Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafitty digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu.

Perkembangan kesenian di zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui seorang pharaoh (Firaun) setelah dimumikan.

Kegiatan grafiti sebagai sarana menunjukkan ketidak puasan baru dimulai pada zaman Romawi dengan bukti adanya lukisan sindiran terhadap pemerintahan di dinding-dinding bangunan. Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di Roma sendiri dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar.

[sunting] Grafiti pada zaman modern

Grafiti pada Tembok Pemisah Israel di Israel-Palestina.

Adanya kelas-kelas sosial yang terpisah terlalu jauh menimbulkan kesulitan bagi masyarakat golongan tertentu untuk mengekspresikan kegiatan seninya. Akibatnya beberapa individu menggunakan sarana yang hampir tersedia di seluruh kota, yaitu dinding.

Pendidikan kesenian yang kurang menyebabkan objek yang sering muncul di grafiti berupa tulisan-tulisan atau sandi yang hanya dipahami golongan tertentu. Biasanya karya ini menunjukkan ketidak puasan terhadap keadaan sosial yang mereka alami.

Meskipun grafiti pada umumnya bersifat merusak dan menyebabkan tingginya biaya pemeliharaan kebersihan kota, namun grafiti tetap merupakan ekspresi seni yang harus dihargai. Ada banyak sekali seniman terkenal yang mengawali karirnya dari kegiatan grafiti.

[sunting] Fungsi grafiti

  • Bahasa rahasia kelompok tertentu.
  • Sarana ekspresi ketidak puasan terhadap keadaan sosial.
  • Sarana pemberontakan.
  • Sarana ekspresi ketakutan terhadap kondisi politik dan sosial.

[sunting] Hukum

Grafiti yang dibuat sebagai bentuk penolakan terhadap RUU APP

Pada perkembangannya, grafiti di sekitar tahun 70-an di Amerika dan Eropa akhirnya merambah ke wilayah urban sebagai jati diri kelompok yang menjamur di perkotaan. Karena citranya yang kurang bagus, grafiti telanjur menjadi momok bagi keamanan kota. Alasannya adalah karena dianggap memprovokasi perang antar kelompok atau gang. Selain dilakukan di tembok kosong, grafiti pun sering dibuat di dinding kereta api bawah tanah.

Di Amerika Serikat sendiri, setiap negara bagian sudah memiliki peraturan sendiri untuk meredam grafiti. San Diego, California, New York telah memiliki undang-undang yang menetapkan bahwa grafiti adalah kegiatan ilegal. Untuk mengidentifikasi pola pembuatannya, grafiti pun dibagi menjadi dua jenis.

[sunting] Gang grafiti

Yaitu grafiti yang berfungsi sebagai identifikasi daerah kekuasaan lewat tulisan nama gang, gang gabungan, para anggota gang, atau tulisan tentang apa yang terjadi di dalam gang itu.

[sunting] Tagging graffiti

Yaitu jenis graffiti yang sering dipakai untuk ketenaran seseorang atau kelompok. Semakin banyak graffiti jenis ini bertebaran, maka makin terkenallah nama pembuatnya. Karena itu grafiti jenis ini memerlukan tagging atau tanda tangan dari pembuat atau bomber-nya. Semacam tanggung jawab karya.

[sunting] Lihat pula

[sunting] Pranala luar

Bob Marley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari
Bob Marley

Bob Marley (6 Februari 1945 - 11 Mei 1981) merupakan penyanyi reggae berkebangsaan Jamaika. Ia mulai dikenal di dunia musik reggae pada tahun 1962. Ia menikah dengan Rita Marley dan memiliki 13 orang anak.

Album pertamanya ialah The Wailing Wailers dirilis tahun 1965 bersama The Wailers. Pada 1974 lagu No Woman No Cry dikenal di Jamaika dan negara-negara Amerika. Namun pada tahun 1977 ia mengidap penyakit kanker. Pada tahun 1980, Marley pingsan saat jogging di New York. Namun pada 1981 Marley meninggal dunia setelah mengalami kanker dalam 4 tahun terakhir. Ia meninggalkan seorang istri dan 13 orang anak.

[sunting] Diskografi

  • Judge Not
  • Simmer Down
  • Catch a Fire
  • African Herbsman
  • Burnin'
  • Natty Dread
  • Rastaman Vibration
  • Exodus
  • Kaya
  • Survival
  • Uprising
  • Chances Are
  • Confronta

[sunting] Pranala luar

Tony Waluyo Sukmoasih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

(Dialihkan dari Tony Q Rastafara)
Langsung ke: navigasi, cari
Tony Q Rastafara
Tony Q Rastafara.jpg
Latar belakang
Nama lahir Tony Waluyo Sukmoasih
Lahir 27 April 1961 (umur 48)
Flag of Indonesia.svg Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Genre Reggae
Pekerjaan Musikus, Penyanyi
Instrumen Gitar
Tahun aktif 1989 - sekarang
Dipengaruhi Bob Marley

Tony Waluyo Sukmoasih (populer dengan nama Tony Q Rastafara; lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 April 1961; umur 48 tahun) adalah seorang penyanyi Indonesia beraliran reggae.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Karir

Tony Q Rastafara memulai karier bermusiknya sejak tahun 1989 dengan grup musik Roots Rock Reggae. Biasa manggung dari kafe ke kafe atau acara pentas musik yang ada di Jakarta. Setelah bergabung dan membentuk banyak band reggae seperti Exodus Band, Rastaman Band, hingga akhirnya pada tahun 1994 membentuk band yang cukup terkenal sebagai pengusung aliran musik reggae di Indonesia pada masa itu yaitu Rastafara. Bersama Rastafara sempat merilis dua album “Rambut Gimbal” pada tahun 1996 dan “Gue Falling In Love” pada tahun 1997.

Hampir semua lagu di album tersebut diciptakan oleh Tony Q, lirik lagunya banyak bertema sosial, kemanusiaan, cinta dan kehidupan masyarakat sehari-hari. Salah satu lagunya yang cukup populer pada masa itu adalah ”Rambut Gimbal”, sebuah istilah untuk style rambut Dreadlock dalam bahasa asing, yang kemudian secara tidak langsung dijadikan istilah dalam bahasa Indonesia dan menjadi populer dikarenakannya lagu tersebut. Perbedaan Rastafara pada saat itu dengan band reggae lainnya adalah karena mereka berhasil memasukan dan memadukan unsur-unsur musik tradisional dengan gaya khas Indonesia kedalam musiknya sehingga terbentuklah musik reggae ala Indonesia yang bisa terlepas dari bayang-bayang musik reggae dunia seperti Bob Marley, UB40 atau Jimmy Cliff. Penggunaan alat-alat musik tradisional seperti Kendang Sunda atau Gamelan Jawa juga ikut menambah warna musik Indonesia didalam lagu-lagu Rastafara. Dan pada aransemen musiknya sepintas juga terlihat unsur-unsur musik Melayu atau bahkan musik khas daerah Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

[sunting] Tony Q dan Rastafara baru

Pada tahun 1997 Rastafara memutuskan untuk vakum dalam bermusik, hingga akhirnya Tony Q memutuskan untuk membentuk band baru dengan tetap membawa nama Rastafara. Maka pada tahun 1998 terbentuklah Tony Q & New Rastafara, dengan format band dengan pemain tambahan. Tetapi kemudian Tony Q memutuskan untuk bersolo karir dengan tetap membawa namanya, Tony Q Rastafara, yang berhasil merilis album pada tahun 2000 yaitu ”Damai Dengan Cinta”. Pada album ke tiganya ini lah Tony Q mulai menapaki puncak kariernya dalam musik reggae di Indonesia, karena album inilah seorang Professor di bidang musik dari Canada memberikannya referensi untuk mengirimkan demo untuk ikut dalam ajang Bob Marley Festival di Amerika Serikat. Pihak penyelenggara Festival tersebut menyukai lagu-lagu yang ada di album tersebut dan kemudian mengundang Tony Q untuk tampil diacara tersebut pada tahun 2002, tapi sayang sekali Tony Q beserta rombongannya tidak mendapat izin visa dari Kedutaan Amerika dikarenakan alasan keamanan terkait dengan Tragedi WTC 11 September di Amerika yang terjadi berdekatan dengan rencana keberangkatan Tony Q ke Amerika.

Pada tahun 2003 Tony Q Rastafara merilis album keempat berjudul ”Kronologi”. Lagu pada album tersebut merupakan kumpulan dari beberapa lagu dari album-album sebelumnya dan juga beberapa lagu yang belum sempat dirilis. Kemudian pada tahun 2005 Tony Q kembali merilis albumnya yang terbaru bertitel ”Salam Damai”. Dalam album ini Tony Q mencoba menggabungkan musik reggae dengan unsur musik orkestra tetapi tidak lupa memasukan unsur tradisional bahkan pada album ini terdapat juga lagu-lagu dengan lirik bahasa Sunda dan Jawa yang semakin menambah kental unsur tradisional Indonesia dalam musik reggae. [1]

Pada tahun 2005 salah satu lagu dari album ketiganya ”Damai Dengan Cinta” yaitu ”Pat Gulipat” masuk ke dalam Album kompilasi musik Putumayo World Music dengan judul ”Reggae Playground” yang dirilis bulan Februari 2006.

[sunting] Diskografi

  • Rambut Gimbal (1996)
  • Gue Falling in Love (1997)
  • Damai Dengan Cinta (2000)
  • Kronologi (2003)
  • Salam Damai (2005)
  • Anak Kampung (2007)
  • Presiden (2009)

[sunting] Prestasi

  • Headliners “Bob Marley Festival”. Houston TX, USA (2002)
  • Invitation “Legend of Rasta Reggae Festival”. Houston TX, USA (2003-2005)
  • Putumayo World Music Album Compilation, “Reggae Playground” – single “Pat Gulipat” (2006)

[sunting] Pranala luar

[sunting] Catatan kaki


Rastafari di masa kini

Pada akhir abad ke-20, kaum perempuan telah memainkan peranan yang lebih penting di dalam gerakan Rastafari. Pada tahun-tahun awalnya, kaum perempuan yang sedang datang bulan harus takluk kepada suami mereka dan dikeluarkan dari upacara-upacara keagamaan dan sosial. Pada umumnya, kaum perempuan merasakan kebebasan yang lebih besar sekarang dalam mengungkapkan diri mereka. Dengan demikian mereka pun menyumbangkan peranan yang lebih besar pula kepada agama ini.

Rastafari bukanlah sebuah agama yang sangat terorganisasi. Malah, sebagian kaum Rasta mengatakan bahwa itu sama sekali bukan "agama", melainkan suatu "jalan Kehidupan". Kebanyakan kaum Rasta tidak mengidentifikasikan dirinya dengan sekte atau denominasi apapun, meskipun ada tiga istana Rastafari yang terkemuka: Nyahbinghi, Bobo Ashanti dan Keduabelas Suku Israel. Dengan mengklaim Yah sebagai Yesus yang datang kedua kalinya, Rastafari adalah sebuah gerakan agama baru yang muncul dari agama Kristen, seperti halnya agama Krsiten muncul dari Yudaisme.

Pada 1996, gerakan Rastafari di seluruh dunia mendapatkan status konsultatif dari Perserikatan Bangsa-bangsa.


reggae

reggae

Reggae lahir di tengah-tengah masyarakat miskin di black Trenchtown, penyebab utama dari ghetto Kingston, Jamaika, yang mendengarkan stasiun radio dari Amerika Serikat. Jamaican musisi, banyak dari mereka Rastas, segera dijus Jamaika musik tradisional dan permainan tambur dengan American R & B dan jazz ke ska, yang kemudian berkembang menjadi reggae di bawah pengaruh jiwa.

Reggae mulai memasuki kesadaran internasional pada awal tahun 1970-an, dan Rastafari mushroomed popularitasnya internasional, sebagian besar disebabkan oleh terkenal dari Bob Marley, yang aktif dan berkhotbah Rastafari dgn tulus ikhlas, termasuk nyabinghi dan Rastafarian chanting nya ke dalam musik, lirik dan album penutup. Lagu seperti "Rastaman chant" menyebabkan gerakan reggae dan musik yang dianggap sebagai intertwined erat dalam kesadaran dari pemirsa di seluruh dunia (khususnya di antara kelompok miskin dan tertindas di Afrika dan Amerika Penutur Amerika, Bangsa-Bangsa Pertama Kanada, Australia dan Selandia Baru Aborigines Maori , dan sebagian besar di seluruh Afrika). Lainnya terkenal dengan musisi reggae Rastafarian elemen kuat dalam musik mereka termasuk Peter Tosh, Freddie McGregor, Toots & the Maytals, Burning Spear, Black Uhuru, Pangeran Lincoln Thompson, Bunny Wailer, Prince Far I, Getaran Israel, The Congos, Mikey ketakutan, Don Carlos, yang Viceroys, The Itals, Cornell Campbell, The Meditations, yg meratap jiwa, Norris Reid, Michael Phrophet, The Heptones, Dennis Brown, Twinkle Brothers, dan ratusan lagi.

Reggae musik rasta mengekspresikan doktrin

Reggae single pertama yang bernyanyi tentang Rastafari dan mencapai Nomor 1 di Jamaika grafik telah bongo oleh Little Man Roy pada 1969. [29] Dini musisi reggae rasta (selain Marley) yang menyatakan musik Rastafari doktrin baik adalah Peter Tosh, Bunny Wailer (dalam Blackheart Man), Prince Far I, Linval Thompson, Ijahman Lewi (terutama 4 album pertama), Misty-in-Roots (Live), The Congos (Heart of Congos), The Rastafarians, The Abyssinians, Budaya, Pemuda Big, Ras dan Michael And The Sons of Negus. Jamaika jazz yang percussionist Count Ossie, yang telah diputar di sejumlah ska dan reggae rekaman, rekaman album dengan tema yang berkaitan dengan rasta sejarah, doktrin, dan budaya.

Rastafari sebagai doktrin yang dikembangkan di'80s telah dinyatakan lebih musically oleh beberapa seniman ternama lainnya, seperti Burning Spear, Steel Pulse, Dunia Ketiga, The Gladiators, Black Uhuru, Aswad, Getaran dan Israel. Rastafari ada ide tersebar di luar Jamaika masyarakat untuk negara-negara lain termasuk Rusia, di mana seniman seperti Jah Divisi menulis tentang lagu Jah, dan Afrika Selatan di mana [Lucky Dube] pertama belajar dari musik reggae [Peter Tosh] rekaman. Afro-American hardcore punk band Bad Brains yang terkemuka pengikutnya dari gerakan Rastafari tulis dan lagu ( "I Against I", dll) yang mempromosikan doktrin.

Pada abad ke-21, Rastafari sentimen yang menyebar melalui akar dan reggae dancehall, reggae subgroups dari musik, dengan banyak dari mereka yang paling penting proponents mempromosikan Rastafari agama, seperti Capleton, Sizzla, Anthony B, Barrington Levy, kerusuhan, Jah Mason, Tekanan , Midnite, Alam Hitam, Daweh Kongo, Luciano, Kakao Teh, Richie Spice atau HIM Sound System. Beberapa dari perbuatan ini telah mendapatkan aliran sukses dan sering muncul di grafik musik populer. Baru-baru ini artis seperti Damian Marley (anak dari Bob Marley) dijus ada hip-hop dengan reggae untuk kembali tenaga Rastafari masalah klasik seperti ketidakadilan sosial, revolusi dan kehormatan dan tanggung jawab parenthood menggunakan gaya musik kontemporer.

Berlin berbasis musik techno label "Dasar Channel" memiliki anak perusahaan label bernama "Rhythm & Sound" dan "pemakaman Mix" lirik yang sangat fokus pada banyak aspek budaya Rastafari dan ideologi, termasuk penerimaan Haile Selassie I. terkemuka termasuk lagu "Jah aturan "," Mash Down Babel "," Kami Jadi Troddin ", dan" Lihat Mi Yah ".

Jamaican reggae artis Jah Cure juga memuji Jah Rastafari dan gerakan di banyak lagu nya, seperti dilakukan dua Sinéad O'Connor rastafari / reggae CD - "Throw Down Your Arms" dan "Teologi".

Ada beberapa film Jamaika yang terpenting untuk sejarah Rastafari, seperti Rockers, The Harder They Come, Look Behind Tanah dan senegeri.

Selasa, 03 November 2009

gambar-gambar







assalamualaikum